Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan (bahasa Inggris:
Electronic Services disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi terkemuka
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang berbeda.
Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat sebagian
peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan layanan
elektronik. Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di definisikan sebagai:
"... perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di mediasi oleh
teknologi informasi. Layanan
elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan
pelayanan ". Definisi ini mencerminkan tiga komponen utama- penyedia
layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan (yaitu, teknologi). Misalnya,
sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik publik, badan publik adalah
penyedia layanan dan warga negara serta bisnis penerima layanan. Saluran
pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah
saluran utama dari layanan elektronik pengiriman sementara saluran klasik
lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios publik,
telepon genggam, televisi)
Sejak awal pada
akhir 1980-an di Eropa dan dikenal secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah
AS,,istilah 'E-Government' kini telah menjadi salah satu riset domain yang
diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan sekarang telah memperoleh
kepentingan strategis dalam modernisasi sektor publik. layanan eletronik
merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah merayap di
antara para praktisi dan peneliti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar