Jumat, 31 Oktober 2014

LINGKUP DATA






HIRARKI DATA

Hirarki terdiri dari beberapa bagian, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Beberapa bagian tersebut yaitu :
1.      Basis data, merupakan sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memiliki hubungan record.
2.      Berkas/file, merupakan sekumpulan rekaman data yang yang berkaitan dengan suatu objek.
3.      Record, merupakan sekumpulan field/atribut/data item yang saling berhubungan terhadap objek tertentu. Record ini juga terdiri dari 2 bagian, yaitu :

Pada perusahaan yang terbentuk secara tradisional mengorganisasikan data mereka dalam suatu hirarki yang terdiri dari elemen, catatan (record), dan file.
a.    Elemen data (data element) adalah unit data terkecil, tidak dapat dibagi lagi menjadi unit yang berarti.
b.   Satu tingkat hirarki yang lebih atas adalah catatan. Satu catatan (record) terdiri dari sebuah elemen data yang berhubungan dengan suatu objek atau kegiatan tertentu.
c.    Semua catatan sejenis disusun menjadi satu file.



PENYIMPANAN SEKUNDER

SASD
SASD merupakan Penyimpanan data berurutan, yaitu penyimpanan yang terdiri dari suatu catatan mengikuti satu catatan lain ke urutan tertentu.
Contoh : catatan pegawai disusun dalam urutan nomor pegawai.
Bila sistem penyimpanannya yang berurutan yang digunakan, data pertama harus diproses kemudian data kedua pun seperti itu dan seterusnya sampai akhir file itu tercapai. Sebagian media penyimpanan komputer hanya dapat memproses data yang disusun secara berurutan.

DASD
DASD merupakan suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan semua catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan atau secara acak. DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan.



PEMROSESAN DATA
Pemrosesan data adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setalah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informative jika dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang yang hamper sama, jika pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi, sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi.
Pemrosesan data dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a.       Pemrosesan Batch, yaitu kita bisa menjalankan setiap transaksi secara terpisah atau dapat menggabungkan beberapa transaksi dan memprosesnya secara bersama-sama.’
b.      Pemrosesan Online, yaitu pengolahan transaksi yang dilakukan dengan cara terpisah atau satu per satu.
c.       System real time, yaitu sistem transaksi yang mengendalikan sistem fisik, dimana sistem ini mengharuskan komputer berespon cepat pada sistem fisik.



daftar pustaka :

http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_data
wordpress.com/2012/09/19/ruang-lingkup-sistem-basis-data/
http://www.academia.edu/6769803/BAB_1_LINGKUP_SISTEM_INFORMASI
http://www.academia.edu/7128402/Dasar_Pemrosesan_Data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar