Kamis, 31 Mei 2012

Pemenuhan Kebutuhan Manusia

A. Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas, baik kebutuhan yang bersifat konkret (nyata), maupun yang abstrak (tidak nyata). Kebutuhan yang bersifat konkret seperti makanan, pakaian, dll. Sedangkan kebutuhan yang abstark seperti dihormati, dihargai, dll. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas, antara lain :
  • Makin Bertambahnya jumlah penduduk
  • Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Makin meluaskan lingkungan perguruan
  • Meningkatkan tingkat kebudayaan manusia

Dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, masyarakat dapat melakukan hal-hal berikut :
     a) Berusaha secara individu dalam kelompok dan lingkungannya
   b) Pemenuhan kebutuhan tidak sekaligus, melainkan harus menerapkan skala prioritas, yang mana yang  terpenting, itulah yang kita dahulukan. 

B. Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia
a) Kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingan/prioritas
     1. Kebutuhan Primer
     
    Primer berasal dari kata "primus" yang berarti pertama. Kebutuhan primer ini disebut juga kebutuhan alamiah, karena kebutuhan ini berkaitan erat dengan kodrat kita sebagai manusia. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak dan harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan ini disebut juga kebutuhan pokok. Seandainya kebutuhan primer tidak terpenuhi, maka kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Contoh : makan, minum, dll.
     2. Kebutuhan Sekunder
     
    Kebutuhan sekunder merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan primer/pokok telah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder bersifat penunjang bagi kebutuhan primer. Contohnya antara lain : Radio, perabotan rumah tangga, tas, alat tulis, dll
     3. Kebutuhan Tersier/mewah/lux
     
     Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang sifatnya mewah, tidak sederhana, dan berlebihan. Kebutuhan ini timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh : mobil, laptop, apartemen, dll. 
b) Kebutuhan manusia berdasarkan sifat
     1. Kebutuhan Jasmani/fisik
     
     Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya : makanan, minuman, kebutuhan seks, tidur, dll
     2. Kebutuhan Rohani/mental    
     
     Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya  secara kejiwaan. Contohnya : Beribadah kepada Tuhan YME, siraman rohani, mendengarkan musik, dll.

c) Kebutuhan manusia berdasarkan waktu
     1. Kebutuhan Sekarang
     Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang dibutuhkan saat ini secara mendesak. Contoh : kebelet buang air kecil, pengobatan akibat kecelakaan, dll
     2. Kebutuhan Masa Depan
     
     Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda dan dipenuhi lain waktu di masa yang akan datang. Contoh : pergi haji, pendidikan di luar negeri, membeli mobil mewah, dll
d) Kebutuhan manusia berdasarkan subjek/penggunanya
     1. Kebutuhan Individual/pribadi
     Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang dibutuhkan untuk perorangan secara probadi. Contoh : sikat gigi, menuntut ilmu, shalat 5 waktu, dll
     2. Kebutuhan sosial/kolektif
     Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial sekelompok masyarakat. Contoh : jalanan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat.

C. Alat Manusia Memenuhi Kebutuhan
Barang adalah segala sesuatu yang berwujud atau mempunyai bentuk yang nyata sehingga dapat dilihat ataupun di pegang. Jasa adalah segala sesuatu yang tidak berwujud sehingga tidak dapat dilihat ataupun dipegang. 
Untuk memenuhi kebutuhan, manusia membutuhkan barang dan jasa. salah satu contoh barang dan jasa adalah :
  • Buku (sebagai barang)
  • Dokter (Jasa)

D. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
     1) Peradaban
     Peradaban adalah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer. Misalnya, nenek moyang berpakaian hanya menggunakan kulit kayu dan daun-daunan, makanpun cukup dengan ubi-ubian. seiring perkembangan zaman, berkembang pulalah jenis kebutuhan manusia. Manusia kini membutuhkan makanan yang lebih bervariasi, dan pakaian dengan bahan yang lebih bagus.
     2) Lingkungan
     Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami daerah pegunungan. penduduk pesisir membutuhkan jarring, perahu, dan pancing agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.
     3) Adat istiadat
     Adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria Jawa memiliki tradisi menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain tidak.
     4) Agama
     Agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda, misalnya penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedang penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar